ARTIKEL GURU BERBAGI

LABORATORIUM BARUKU


GURU BERBAGI | LABORATORIUM BARUKU

LABORATORIUM BARUKU

  Disukai 5
  Dilihat 1679
refleksi

sumber ilustrasi : http://images.gofreedownload.net/3/laboratory-work
Diterbitkan : 22 Mei 2020 12:12
Sumber : Direktorat PSMA. 2014. Cook Book di SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat J
Penulis : Sukaryanto, S.Pt. M.Pd.
RPP Terkait : Jaringan Tumbuhan
Jenjang : SMA/MA/Paket C
Kelas : 11
Mapel : Biologi

Proses belajar mengajar selalu melibatkan guru sebagai pengajar atau teman belajar bagi peserta didik di sekolah, namun saat ini kegiatan itu berubah wujud sebagai dampak dari pandemi Covid 19. Pemerintah telah memberikan himbauan untuk tetap di rumah demi mencegah meluasnya penularan Covid 19.

Pembelejaran online merupakan solusi yang memungkinkan peserta didik tetap dapat belajar di rumah.  Dengan pembelajaran online peserta didik tetap dapat belajar bersama dengan gurunya dan teman kelasnya.  Demikian pula dengan sekolah kami SMA Negeri 2 Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan, juga melaksanakan pembelajaran daring/online.  Sangat banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebangai media pembelajaran daring, namun pada pengamatan jaringan tumbuhan sebagai sampel kegiatan pembelajaran daring di sekolah kami, digunakan media Whatsapp, Google class room, Edublog dan fitur Laboratorium Maya di portal Rumah Belajar. Peran masing-masing aplikasi yang kami gunakan sebagai medi pembelajaran pengamatan jaringan pada tumbuhan adalah:

1. Whatsapp: kami gunakan sebagai media komunikasi dengan peserta didik, dapat berupa komunikasi dalam grup atau chatting pribadi. Melaui Whatsapp, guru dapat mengontrol peserta didik akan keadaan, keberadaan, kesiapan dan masalah yang belum dipahami dalam mengikuti proses belajar mengajar daring/online

2. Google class room, digunakan sebagai kelas maya yang memungkinkan guru dapat memberi materi, tugas, kuis, dengan jadwal yang dapat diatur serta penialain dan absensi peserta didik denga data kegiatan yang tersimpan dan mudah untuk dapat dibuka serta dapat digunakan pada pelaporan dan evaluasi kegiatan

3.  Edublog, digunakan sebagai media membetikan informasi konsep materi pembelajaran yang memudahkan peserta didik untuk memperoleh informasi materi yang sedang dibahas di google class room

4.  fitur Laboratorium Maya di portal Rumah Belajar, media ini sangat bermanfaat bagi guru karena kita tidak lagi membuat media, pada portal rumah belajar terdapat banyak fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran daring yang gratis.

Mengabungkan media google classroom dengan link laboratorim maya dapat dilihat pada gambar 1:

Gambar 1:     Tugas google class room XI IPA 1 SMA Negeri 2 Bantaeng, Pengamatan Jaringan pada Tumbuhan

Tahapan Kegiatan Pembelajaran Pengamtan jaringan pada tumbuhan mengunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1). Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan) berupa stimulus kepada peserta didik bahwa kegiatan pengamtan jaringan tumbuhan dapat dilakukan dengan mudah. (2). Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) menetapkan kegiatan yang harus dilakukan peserta didik dalam pengamatan jaringan pada tumbuhan di laboratoium maya rumah belajar. (3). Data collection (pengumpulan data) peserta didik mengumpulkan data pengamatan jaringan tumbuhan. (4). Data processing (pengolahan Data) peserta didik menyusun dan mengelompokkan data hasil pengamatan. (5). Verification (pembuktian) peserta didik mencocokkan hasil psoses data dengan referensi lain dan diajukan kepada guru untuk diperiksa. (6). Generalization (menarik kesimpulan) bersama dengan guru menyimpulkan hasil pengamatan jaringan pada tumbuhan.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pengamatan jaringan pada tumbuhan ini tidak mengalami hambatan yang berarti, dikarenakan semua aplikasi yang kami gunakan dapat dengan mudah dibuka oleh peserta didik, kegiatannya pun bukan berupa instruksi soal dan jawab, tapi berupa aktifitas melacak gambar, melacak informasi dan waktu yang tidak mengikat karena pembelajaran daring/online dapat berlangsung dimana saja, kapan saja dan belajar dapat dengan siapa saja, sehingga kegiatan pembelajaran ini tidak membosankan bagi peseta didik dalam belajar.

Gambar 2: Penilaian Hasil praktikum berupa menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada tumbuhan 

Laboratorim maya rumah belajar sebagai laboratorium baru peserta didik dapat digunakan untuk variasi kegiatan pembelajaran daring agar tidak membosankan peserta didik, hasil belajar peserta didik berupa sajian data hasil pengamatan hasil identifikasi jaringan pada tumbuhan memperlihatkan hasil yang memuaskan, peserta didik pun memberikan respon yang positif pada kegiatan pembelajarn pengamatan jaringan pada tumbuhan. Kegiatan pembelajaran ini beserta dengan testimoni peserta didik dapat dilihat pada link video berikut: https://youtu.be/bTGE9TKIAwE

Gambar 3:  Pernyataan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring dengan memanfaatkan laboratorim maya portal Rumah Belajar

Belajar di rumah memang berbeda, namun banyak ilmu baru ditemukan untuk memudahkan kegiatan ini. Selain itu ternyata banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar dari rumah. Materi belajar dapat dicari dengan mudah dengan metode pembelajaran online. Sangat mudah untuk menuntut ilmu dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja, banyak sumber informasi dan materi terpercaya yang dapat digunakan. Pandemi Covid 19 masih berlangsung namun kegiatan belajar harus tetap berjalan. Laboratorim maya rumah belajar sebagai laboratorium baru peserta didik dapat digunakan untuk belajar sambil melakukan praktikum dari rumah, jadi tak ada alasan untuk berhenti belajar, dan semoga kita semua dapat melalui cobaan ini Amin.


Bookmark

Post a Comment