Pendampingan Individu 1: Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak

Pendampingan Individu 1


Pendampingan Individu 1 Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak

PP: Sukaryanto, M.Pd. Kelas A3/B1

Waktu : 2-8 Juni 2022; 07.30 -13.30 WITA

Tema  Pendampingan:  Refleksi awal kompetensi guru penggerak

Fokus Pendampingan :

1. Diskusi tantangan belajar daring

2. Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

3. Diskusi pembuatan kerangka portofolio

4. Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak



JURNAL: 1



1. Nama Calon Guru Penggerak

NURYANI. M

2. Tujuan dan fokus pembahasan pendampingan yang telah dilakukan.

  • Diskusi tantangan belajar daring
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

3. Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung 

PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. 

Diskusi terkait dengan harapan dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:

  • Melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2. 
  • Diskusi terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara,
  • Diskusikan Pembuatan kerangka portofolio digital
  • Diskusikan Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
  • Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan 1 (Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak)

4. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari fokus pendampingan yang telah tersedia

Sudah sesuai

5. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan 

Selesai

6. Catatan yang perlu diperhatikan untuk pendampingan berikutnya dan catatan yang perlu diketahui fasilitator

CGP sangat antusias dalam belajar, tidak mengenal lelah serta mendapat dukungan yang penuh dari keluarganya meski sedang merawat ayahnya yang sedang sakit.

7. Hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan

Membutuhkan pendampingan secara berkelompok agar mampu memperoleh masukan dan lebih memahami tentang kegiatan PGP dikarenakan kelebihan dan kekurangan masing-masing CGP menjadi acuan untuk saling melengkapi

8. Hal-hal yang dibutuhkan CGP untuk pendampingan berikutnya

sudah merasa sesuai namun waktu yang dirasa perlu untuk ditambahkan sehingga lebih maksimal dalam melengkapi tugas berdasarkan diskusi yang telah dilakukan

9. Hasil pemantauan terhadap perkembangan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Pemantauan perkembangan CGP atas nama NURYANI. M, adalah Guru Kelas VI yang bertugas di SD NEGERI 20 TALA-TALA. Pendampingan dilakukan pada hari/tanggal Kamis, 2 Juni 2022, Waktu 08.45-13.30 WITA. yang kami temukan adalah:

Belajar daring selama mengikuti kegiatan Guru Penggerak hanya terkendala jaringan internet yang kurang stabil, selebihnya CGP tidak menemukan hambatan

Penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, karena kami lihat desain kelas dengan adanya kesepakatan kelas yang CGP buat bersama siswanya, penataan kelas yang indah yang dilakukan bukan karena perintah gurunya namun bersumber dari inisiatif siswanya, ruang baca, tempat makan bersama, memamerkan hasil karya siswa dengan tidak memperhatikan bagus atau tidaknya karyanya namun menghargai seluruh karya siswanya, jadwal dan data keadaan siswa, buku bacaan yang lengkap untuk siswa gunakan, program kegiatan guru mudah dipantau karena ada di meja kelas, kelas yang bersih dan sehat dengan tempat sampah dan peralatan kebersihan kelas dilengkapi tempat cuci tangan. Cahaya dalam kelas sangat baik dengan aerasi udara yang sangat bagus.

Kerangka portofolio digital telah dibuat oleh CGP dengan menggunakan aplikasi google site dan Blog telah menampilkan Profil diri CGP, kemudian kerangka portofolio ini akan digunakan untuk Artefak Aksi Nyata yakni untuk menyimpan dan menampilkan  hasil karya terbaik CGP, menampilkan kursus dan diklat CGP, untuk menampilkan publikasi CGP umpan balik siswa/orang tua siswa/guru dan kepala sekolah

Pada diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak, CGP telah melakukan praktik baik berupa mengajak siswa untuk mengenal kewirausahaan berupa pembelajaran dengan melakukan kunjungan langsung ke tempat industri kecil dan pasar, selama pandemi CGP melakukan kunjungan dari rumah-ke rumah siswanya, menyediakan LCD projektor secara swadaya untuk pembelajaran dikelasnya, CGP sangat bersemangat belajar dan bersedia menerima kritikan dan saran yang mendukung perkembangan CGP, sangat menyadari beberapa kekurangan yang dimiliki dan mampu melakukan refleksi untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan pendidikan bagi siswanya

10.Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan kami temukan semakin meningkat dan memiliki keterampilan dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung dalam pembuatan karya/tugas yang beragam dan sesuai dengan tujuan pembuatan tugas tersebut, CGP ini mampu dalam merancang komposisi dari penataan gambar, presentasi kata, iringan musik dan video yang membuat karyanya indah, selain itu CGP telah mampu menata penempatan file tugas yang rapi dan mudah untuk mencarinya pada komputer dan drive akun CGP, mampu membagikan atau mengirim file dan link tugas pada LMS sebagai kiriman laporan.


JURNAL: 2


1. Nama Calon Guru Penggerak

HERMAN


2. Tujuan dan fokus pembahasan pendampingan yang telah dilakukan.

  • Diskusi tantangan belajar daring
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

3. Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung 

  • PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. 
  • Diskusi terkait dengan harapan dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
  • Melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2. 
  • Diskusi terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara,
  • Diskusikan Pembuatan kerangka portofolio digital
  • Diskusikan Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
  • Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan 1 (Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak)

4. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari fokus pendampingan yang telah tersedia

Sudah sesuai

5. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan 

Selesai

6. Catatan yang perlu diperhatikan untuk pendampingan berikutnya dan catatan yang perlu diketahui fasilitator

CGP sangat antusias dalam belajar, tidak mengenal lelah serta mendapat dukungan yang penuh dari keluarganya dan ekosistem sekolah, memiliki kompetensi yang sangat bagus dalam memanfaatkan IT yang telah digunakan selama PJJ/BDR.

7. Hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan

Membutuhkan pendampingan secara berkelompok agar mampu memperoleh masukan dan lebih memahami tentang kegiatan PGP dikarenakan kelebihan dan kekurangan masing-masing CGP menjadi acuan untuk saling melengkapi

8. Hal-hal yang dibutuhkan CGP untuk pendampingan berikutnya

Sudah merasa sesuai namun waktu yang dirasa perlu untuk ditambahkan sehingga lebih maksimal dalam melengkapi tugas berdasarkan diskusi yang telah dilakukan

9. Hasil pemantauan terhadap perkembangan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Pemantauan perkembangan CGP atas nama HERMAN, adalah guru Fisika yang bertugas di SMAN 5 BANTAENG.  Pendampingan dilakukan pada hari/tanggal, Jum’at, 3 Juni 2022, waktu: 07.45-11.30 WITA, yang kami temukan adalah:

Belajar daring selama mengikuti kegiatan Guru Penggerak hanya terkendala jaringan internet yang kurang stabil, dikarenakan lokasi tempat bertugas dari CGP yang berada di pegunungan, dan selebihnya CGP tidak menemukan hambatan

Penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, karena kami lihat desain kelas dan laboratorium fisika tempat tugas CGP kami temukan adanya kesepakatan kelas yang CGP buat bersama siswanya, penataan kelas yang indah yang dilakukan bukan karena perintah gurunya namun bersumber dari inisiatif siswanya, lokasi dan keadaan sekolah yang sejuk dan asri, memamerkan hasil karya siswa dengan tidak memperhatikan bagus atau tidaknya karyanya namun menghargai seluruh karya siswanya, kelas yang bersih dan sehat dengan tempat sampah dan peralatan kebersihan kelas dilengkapi tempat cuci tangan.

Kerangka portofolio digital telah dibuat oleh CGP dengan menggunakan aplikasi google site dan Blog telah menampilkan Profil diri dari CGP, kemudian kerangka portofolio ini akan digunakan sebagai Artefak Aksi Nyata yakni untuk menyimpan dan menampilkan  hasil karya terbaik CGP, menampilkan kursus dan diklat CGP, untuk menampilkan publikasi CGP, umpan balik siswa/orang tua siswa/guru dan kepala sekolah

Pada diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak CGP akan terus bersemangat belajar dan bersedia menerima kritikan dan saran yang mendukung perkembangan CGP, sangat menyadari beberapa kekurangan yang dimiliki dan mampu melakukan refleksi untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan pendidikan bagi siswanya

10. Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan kami temukan CGP sudah sangat terampil dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung dalam pembuatan tugas yang tidak hanya beragam dan sesuai dengan tujuan pembuatan tugas tersebut, CGP ini mampu dalam merancang komposisi dari penataan gambar, kata, iringan musik dan video yang membuat karyanya indah, selain itu CGP telah mampu menata penempatan file tugas yang rapi dan mudah untuk mencarinya pada komputer dan drive akun CGP dan mampu membagikan file dan link untuk ditempatkan pada LMS sebagai kiriman laporan.


JURNAL: 3

1. Nama Calon Guru Penggerak

FARIDHA AHRIANI


2. Tujuan dan fokus pembahasan pendampingan yang telah dilakukan.

  • Diskusi tantangan belajar daring
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

3. Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung 

  • PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. 
  • Diskusi terkait dengan harapan dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
  • Melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2. 
  • Diskusi terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara,
  • Diskusikan Pembuatan kerangka portofolio digital
  • Diskusikan Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
  • Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan 1 (Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak)

4. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari fokus pendampingan yang telah tersedia

Sudah sesuai

5. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan 

Selesai

6. Catatan yang perlu diperhatikan untuk pendampingan berikutnya dan catatan yang perlu diketahui fasilitator

CGP sangat antusias mandiri dan senang berbagi dalam belajar, tidak mengenal lelah serta mendapat dukungan yang penuh dari keluarganya dan ekosistem sekolah, memiliki kompetensi yang sangat bagus dalam memanfaatkan IT yang telah digunakan selama PJJ/BDR.

7. Hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan

Bila memungkinkan CGP membutuhkan pendampingan secara berkelompok agar mampu memperoleh masukan dan lebih memahami tentang kegiatan PGP dikarenakan kelebihan dan kekurangan masing-masing CGP menjadi acuan untuk saling melengkapi

8. Hal-hal yang dibutuhkan CGP untuk pendampingan berikutnya

Sudah merasa sesuai dan membutuhkan kejelasan jadwal kegiatan di LMS

9. Hasil pemantauan terhadap perkembangan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Pemantauan perkembangan CGP atas nama FARIDHA AHRIANI, adalah Guru Kimia yang bertugas di SMAN 5 Bantaeng. Pendampingan dilakukan pada hari/tanggal, Senin, 6 Juni 2022, waktu: 08.00-11.30 WITA, yang kami temukan adalah:

Belajar daring selama mengikuti kegiatan Guru Penggerak hanya terkendala jaringan internet yang kurang stabil, dikarenakan lokasi tempat bertugas dari CGP yang berada di pegunungan, dan selebihnya CGP tidak menemukan hambatan

Penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, karena kami melihat desain kelas dan laboratorium kimia tempat tugas CGP kami temukan adanya kesepakatan kelas yang CGP buat bersama siswanya, penataan kelas yang indah yang dilakukan bukan karena perintah gurunya namun bersumber dari inisiatif siswanya, sajian gambar materi inti pelajaran kimia ditampilkan dalam bentuk tabel sistem periodik yang terpampang di dinding laboratorium yang mudah dilihat dan keterbacaan yang sangat bagus, lokasi dan keadaan sekolah yang sejuk dan asri, melaksanakan PBM yang kreatif dan menyenangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa untuk digunakan sebagai media belajar kimia, seperti yang kami temui dilokasi pendampingan pertama ini, yakni praktikum pembuatan sabun, pemanfaatan bahan alami sebagai pewarna dalam membatik, menggunakan bahan alami disekitar sekolah dan rumah siswa untuk dijadikan sebagai indikator asam-basa, memamerkan hasil karya siswa dengan tidak memperhatikan bagus atau tidaknya karya siswanya namun menghargai seluruh karya siswanya, telah melakukan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dalam pembelajaran dengan mengajak siswa membuat laporan praktikum kimia dalam bentuk video dan mempublikasikannya di youtube. Kelas yang bersih dan sehat dengan tempat sampah dan peralatan kebersihan kelas dilengkapi tempat cuci tangan.

Kerangka portofolio digital telah dibuat oleh CGP dengan menggunakan aplikasi google site dan Blog, telah menampilkan Profil diri dari CGP, telah digunakan menyimpan dan menampilkan beberapa hasil karya terbaik CGP, menampilkan kursus dan diklat CGP, menampilkan publikasi CGP, umpan balik siswa/orang tua siswa/guru dan kepala sekolah

Pada diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak, CGP akan terus bersemangat belajar dan bersedia menerima kritikan dan saran yang mendukung perkembangan CGP, sangat menyadari beberapa kekurangan yang dimiliki dan mampu melakukan refleksi untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan pendidikan bagi siswanya

10. Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan kami temukan CGP sudah sangat terampil dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung dalam pembuatan tugas yang tidak hanya beragam dan sesuai dengan tujuan pembuatan tugas tersebut, CGP ini mampu dalam merancang komposisi dari penataan gambar, kata, iringan musik dan video yang membuat karyanya indah, selain itu CGP telah mampu menata penempatan file tugas yang rapi dan mudah untuk mencarinya pada komputer dan drive akun CGP dan mampu membagikan file dan link untuk ditempatkan pada LMS sebagai kiriman laporan.


JURNAL: 4

1. Nama Calon Guru Penggerak

KAMARIA


2. Tujuan dan fokus pembahasan pendampingan yang telah dilakukan.

  • Diskusi tantangan belajar daring
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

3. Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung 

  • PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. 
  • Diskusi terkait dengan harapan dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
  • Melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2. 
  • Diskusi terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara,
  • Diskusikan Pembuatan kerangka portofolio digital
  • Diskusikan Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
  • Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan 1 (Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak)

4. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari fokus pendampingan yang telah tersedia

Sudah sesuai

5. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan 

Selesai

6. Catatan yang perlu diperhatikan untuk pendampingan berikutnya dan catatan yang perlu diketahui fasilitator

CGP sangat antusias mandiri dan senang berbagi dalam belajar, tidak mengenal lelah serta mendapat dukungan yang penuh dari keluarganya dan ekosistem sekolah, memiliki kompetensi yang sangat bagus dalam memanfaatkan IT yang telah digunakan selama PJJ/BDR.

7. Hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan

Bila memungkinkan CGP membutuhkan pendampingan secara berkelompok agar mampu memperoleh masukan dan lebih memahami tentang kegiatan PGP dikarenakan kelebihan dan kekurangan masing-masing CGP menjadi acuan untuk saling melengkapi

8. Hal-hal yang dibutuhkan CGP untuk pendampingan berikutnya

Sudah merasa sesuai dan membutuhkan kejelasan jadwal kegiatan pertemuan meet di LMS

9. Hasil pemantauan terhadap perkembangan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Pemantauan perkembangan CGP atas nama KAMARIA, adalah Guru Ekonomi yang bertugas di SMAN 5 Bantaeng. Pendampingan dilakukan pada hari/tanggal, Selasa, 7 Juni 2022, waktu: 08.00-11.30 WITA, yang kami temukan adalah:

Belajar daring selama mengikuti kegiatan Guru Penggerak hanya terkendala jaringan internet yang kurang stabil, dikarenakan lokasi tempat bertugas dari CGP yang berada di pegunungan, dan selebihnya CGP tidak menemukan hambatan

Penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, karena kami melihat desain kelas tempat tugas CGP kami temukan adanya kesepakatan kelas yang CGP buat bersama siswanya, menampilkan slogan 5S (senyum, sapa, sopan, salam, dan santun)   penataan kelas yang indah yang dilakukan bukan karena perintah gurunya namun bersumber dari inisiatif siswanya, sajian gambar pada dinding kelas berupa gugusan tata surya yang bertujuan menjadi stimulus agar siswa berpikir global, lokasi dan keadaan sekolah yang sejuk dan asri, menata meja dan kursi siswa berbentuk U yang memungkinkan kolaborasi saat PBM berlangsung serta melaksanakan kegiatan belajar yang kreatif dan menyenangkan dengan memanfaatkan segala sumberdaya termasuk lingkungan sekitar siswa untuk digunakan sebagai media belajar ekonomi, memamerkan hasil karya siswa dengan tidak memperhatikan kesempurnaan karya siswanya, beliau menghargai seluruh karya siswanya. Kelas yang bersih dan sehat dengan tempat sampah dan peralatan kebersihan kelas dilengkapi tempat cuci tangan.

Kerangka portofolio digital telah dibuat oleh CGP dengan menggunakan aplikasi google site dan Blog, telah menampilkan Profil diri dari CGP, telah digunakan menyimpan dan menampilkan beberapa hasil karya terbaik CGP, menampilkan kursus dan diklat CGP, menampilkan publikasi CGP, akan menampilkan umpan balik siswa/orang tua siswa/guru dan kepala sekolah

Pada diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak, CGP akan terus bersemangat belajar dan bersedia menerima kritikan dan saran yang mendukung perkembangan CGP, sangat menyadari beberapa kekurangan yang dimiliki dan mampu melakukan refleksi untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan pendidikan bagi siswanya

10. Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan kami temukan CGP sudah sangat terampil dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung dalam pembuatan tugas yang tidak hanya beragam dan sesuai dengan tujuan pembuatan tugas tersebut, CGP ini mampu dalam merancang komposisi dari penataan gambar, kata, iringan musik dan video yang membuat karyanya indah, selain itu CGP telah mampu menata penempatan file tugas yang rapi dan mudah untuk mencarinya pada komputer dan drive akun CGP dan mampu membagikan file dan link untuk ditempatkan pada LMS sebagai kiriman laporan.


JURNAL: 5

1. Nama Calon Guru Penggerak

NUR AHMAD RAFIUDDIN PATTA


2. Tujuan dan fokus pembahasan pendampingan yang telah dilakukan.

  • Diskusi tantangan belajar daring
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

3. Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung 

  • PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. 
  • Diskusi terkait dengan harapan dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
  • Melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2. 
  • Diskusi terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara,
  • Diskusikan Pembuatan kerangka portofolio digital
  • Diskusikan Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak
  • Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan 1 (Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak)

4. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari fokus pendampingan yang telah tersedia

Sudah sesuai

5. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan 

Selesai

6. Catatan yang perlu diperhatikan untuk pendampingan berikutnya dan catatan yang perlu diketahui fasilitator

CGP sangat antusias mandiri dan senang berbagi dalam belajar, tidak mengenal lelah serta mendapat dukungan yang penuh dari keluarganya dan ekosistem sekolah, memiliki kompetensi yang sangat bagus dalam memanfaatkan IT yang telah digunakan selama PJJ/BDR.

7. Hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan

CGP berharap agar apa yang telah dilaksanakan dipertahankan dan bila memungkinkan CGP membutuhkan pendampingan secara berkelompok agar mampu memperoleh masukan dan lebih memahami kegiatan PGP dikarenakan kelebihan dan kekurangan masing-masing CGP menjadi acuan untuk saling melengkapi

8. Hal-hal yang dibutuhkan CGP untuk pendampingan berikutnya

Sudah merasa sesuai dan membutuhkan kejelasan jadwal kegiatan di LMS

9. Hasil pemantauan terhadap perkembangan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Pemantauan perkembangan CGP atas nama NUR AHMAD RAFIUDDIN PATTA, adalah Guru Geografi yang bertugas di SMAN 5 Bantaeng. Pendampingan dilakukan pada hari/tanggal, Rabu, 8 Juni 2022, waktu: 08.00-11.30 WITA, yang kami temukan adalah:

Belajar daring selama mengikuti kegiatan Guru Penggerak hanya terkendala jaringan internet yang kurang stabil, dikarenakan lokasi tempat bertugas dari CGP yang berada di pegunungan, dan selebihnya CGP tidak menemukan hambatan

Penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, karena kami melihat desain kelas kami temukan adanya kesepakatan kelas yang CGP buat bersama siswanya, penataan kelas yang indah yang dilakukan bukan karena perintah gurunya namun bersumber dari inisiatif siswanya, lokasi dan keadaan sekolah yang bersih, sejuk dan asri, melaksanakan PBM yang kreatif dan menyenangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa untuk digunakan sebagai media belajar Geografi, memamerkan hasil karya siswa dengan tidak memperhatikan kesempurnaan karya siswanya namun menghargai seluruh karya siswanya.

Kelas yang bersih dan sehat dengan tempat sampah dan peralatan kebersihan kelas dilengkapi tempat cuci tangan.

Kerangka portofolio digital telah dibuat oleh CGP dengan menggunakan aplikasi google site dan Blog, telah menampilkan Profil diri dari CGP, telah digunakan menyimpan dan menampilkan beberapa hasil karya terbaik CGP, menampilkan kursus dan diklat CGP, menampilkan publikasi CGP, akan menampilkan umpan balik siswa/orang tua siswa/guru dan kepala sekolah

Pada diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak, CGP akan terus bersemangat belajar dan bersedia menerima kritikan dan saran yang mendukung perkembangan CGP, sangat menyadari beberapa kekurangan yang dimiliki dan mampu melakukan refleksi untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan pendidikan bagi siswanya

10. Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan

Hasil pemantauan terhadap perkembangan keterampilan CGP setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan kami temukan CGP sudah sangat terampil dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung dalam pembuatan tugas yang tidak hanya beragam dan sesuai dengan tujuan pembuatan tugas tersebut, CGP ini mampu dalam merancang komposisi dari penataan gambar, kata, iringan musik dan video yang membuat karyanya indah, selain itu CGP telah mampu menata penempatan file tugas yang rapi dan mudah untuk mencarinya pada komputer dan drive akun CGP dan mampu membagikan file dan link untuk ditempatkan pada LMS sebagai kiriman laporan.

RENCANA TINDAK LANJUT


Apa saja yang akan direncanakan oleh pendamping terkait proses pendampingan berikutnya?

Pada pendampingan pertama ini rata-rata CGP senang menanti kedatangan kami sebagai PPnya dengan beragam hidangan yang kami sebagai PP merasa memberatkan CGP, sehingga dibutuhkan kesepakatan bersama agar kegiatann pendampingan tidak usah ditambah dengan jamuan atau hidangan, kami sangat menghargai bila CGP memahami dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama sebulan ini yakni modul 1.1 dan 1.2, karena tujuan utama program adalah bahagia dengan pencapaian kompetensi.

Beberapa data penting saat pendampingan seperti daftar hadir dan SPPD serta dokumentasi berupa foto kegiatan, terkadang terabaikan dikarenakan suasana yang sangat bahagia, belum lagi acara jamuan yang menyebabkan lupa mendokumentasikan atau memotret kegiatan, mengisi daftar hadir dan penandatanganan SPPD yang menyita waktu, karena kesibukan kepala sekolah bersamaan dengan kegiatan pendampingan dan untuk melengkapinya butuh waktu dan tenaga dikarenakan jarak tempuh yang jauh untuk kunjungan ulang hanya untuk penandatanganan SPPD. Tindak lanjut untuk masalah ini adalah mengkomunikasikan dengan CGP akan kemungkinan hambatan berupa daftar hadir, SPPD, foto dan data digital dengan menyediakan daftar ceklist administrasi pendampingan.

Capaian yang ingin kami capai pada pendampingan selanjutnya adalah mempertahankan keakraban yang telah terjalin dan saling mengingatkan pada proses dan kelengkapan pelaporan kegiatan, sebelum meninggalkan tempat pendampingan atau lokasi CGP dilakukan pemeriksaan ulang berkas pelaporan kegiatan  


2. Apa saja yang telah dipelajari oleh CGP dan capain apa saja yang mungkin telah dicapai pada pendampingan berikutnya?

Yang telah dipelajari CGP adalah mempelajari modul 1.1 (refleksi filosofis pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara) dan modul 1.2 (Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak), capaian CGP adalah mampu memahami dan menerapkan Filosofis Ajaran Ki Hadjar Dewantara serta mengetahui dan memahami serta mampu untuk menerapkan Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak dalam memberikan layanan pendidikan. Capaian lainnya adalah telah membuat portofolio digital dan menginput beberapa dokumen yang berhubungan dengan profesi dan kegiatan CGP mengikuti program. Portofolio digital CGP ini diharapkan untuk diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat menjadi dokumen penting serta menjadi inspirasi bagi guru lainnya.

Capaian yang mungkin tercapai pada pendampingan 2 (berikutnya) adalah kemampuan CGP menerapkan filosofis pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, mengetahui dan memahami serta mampu untuk menerapkan Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak dalam memberikan layanan pendidikan, kemudian CGP mampu melakukan refleksi apa yang telah dilakukan berupa kemampuan melakukan umpan balik dan menerima umpan balik dari siswa, guru, serta kepala sekolah terhadap capaian yang telah dilakukannya.

Berkas

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama