LOKA KARYA 1 PENGEMBANGAN KOMUNITAS PRAKTISI



Dibuat dengan Padlet



LOKA KARYA 1 PENGEMBANGAN KOMUNITAS PRAKTISI

Waktu Pelaksanaan: Sabtu, tanggal 11 Juni 2022

Lokasi: SD Inpres Tala-Tala, Bantaeng 


PEMAHAMAN BERMAKNA

Komunitas Praktisi sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi pemimpin pembelajaran dalam menggerakkan ekosistem pendidikan.


PRODUK YANG DIHASILKAN

Pemetaan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mengoptimalkan perannya sebagai guru penggerak.


TUJUAN BELAJAR

  1. Peserta dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah 
  2. Peserta dapat menjelaskan pentingnya dan manfaat komunitas praktisi baik untuk dirinya sendiri dan lingkungan belajar
  3. Peserta dapat menjelaskan konsep, filosofi dan prinsip komunitas praktisi sebagai bagian dari peran guru penggerak 
  4. Peserta dapat mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi yang sudah ada  
  5. Peserta dapat mengaitkan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mewujudkan filosofi, nilai dan peran guru penggerak.

INDIKATOR KEBERHASILAN

  1. Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan definisi dan manfaat komunitas praktisi
  2. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi komunitas praktisi 
  3. Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat dan area kontrol di komunitas praktisi yang sudah ada

AGENDA

  1. Kepemimpinan dalam diri (Aktivitas untuk menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah)
  2. Melakukan diskusi komunitas praktisi
  3. Komunitas praktisi sekelilingku (mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi)
  4. Peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi


Jalannya Kegiatan:

NO

SESI KEGIATAN

Waktu (Menit)

PP yang berperan

1

Pembukaan

30

Sukaryanto

2

Kepemimpinan Dalam diri

75

Sukaryanto

3

Diskusi Komunitas Praktisi

75

Rukiah

4

Istirahat

60


5

Komunitas Praktisi Sekelilingku

60

Rukiah

6

Peran Guru Penggerak Dalam Menggerakkan Komunitas Praktisi

60

Wahid Hidayat

7

Menggerakkan Komunitas Praktisi

30

Wahid Hidayat

8

Penutupan

30

Bersama


1 PEMBUKAAN (30 Menit)

TUJUAN SESI 

  • Calon Guru Penggerak dapat menciptakan koneksi dengan peserta lain dan pengajar praktek
  • Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini

Sesi pembukaan menjadi kunci keterlibatan peserta dalam pelatihan. Kegiatan dimulai dengan mengucapkan salam dan rasa syukur Kepada Allah SWT. Atas berkat dan Rahmat-Nya sehingga kegiatan Lokakarya 1 ini dapat terlaksana, kemudian dilanjutkan menyapa peserta dan memberi semangat untuk mengikuti kegiatan lokakarya 1 ini, kemudian dilakukan Ice Breaking berupa tebak nama antar peserta dan dilanjutkan dengan perkenalan Pengajar Praktik dan perasaan dalam 1 kalimat selama 1 bulan mengikuti kegiatan PGP.  Setelah itu Penjelasan Tujuan kegiatan Lokakarya 1 dan Pembuatan Kesepakatan Belajar oleh CGP bersama PP ditulis dan dibaca bersama menggunakan pedlet: https://padlet.com/antotawang/am6z16pac6pbn5mw

Aktivitas pada sesi ini disukai oleh peserta, semua peserta aktif dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana.


2  KEPEMIMPINAN DALAM DIRI (75 Menit)

TUJUAN SESI 

●Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran dikonteks sekolah 

● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peran, nilai, serta kompetensi guru penggerak berdasarkan pemahamannya sendiri

Pada sesi ini Pengajar Praktek melakukan permainan kereta memungut bola berwarna, persiapan kegiatan kegiatan berupa penjelasan permainan dan pembagian 5 kelompok dengan 3 CGP dalam setiap kelompok, dilanjutkan pelaksanaan permainan berupa Aktivitas: Mencari bola berwarna sesuai kelompoknya. Setelah aktivitas selesai dilakukan pembahasan aktivitas refleksi 4P dengan kesimpulan dari CGP bahwa semua orang memiliki peran yang penting dalam 1 komunitas dan diperlukan strategi dan kesepakatan dalam mencapai tujuan bersama.

Setelah itu kegiatan pada sesi ini dilanjutkan dengan diskusi tentang nilai, Peran, dan Kompetensi Guru Penggerak berupa aktivitas membuat karya pada kertas plano tentang pemahaman CGP pada nilai, peran dan kompetensi guru penggerak, kemudian dilanjutkan presentasi karya dan diskusi. Selanjutnya kami menyediakan pedlet untuk diisi oleg CGP agar memperkuat pemahaman tentang nilai, peran dan kompetensi guru penggerak. https://padlet.com/antotawang/btp36bj117wy5wtz 

Aktivitas pada sesi ini berjalan sesuai rencana dan dipenuhi keseruan dalam kegiatan di sesi ini, semua peserta aktif dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana 


3 DISKUSI KOMUNITAS PRAKTISI (75 Menit)

TUJUAN SESI 

● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan manfaat komunitas praktisi 

●Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan definisi dan karakteristik komunitas praktisi  

Diskusi Komunitas Praktisi: Berbagi Tantangan 2 Bulan Pertama 

Pengajar praktik membagikan post-it berwarna kuning dan spidol warna kepada peserta. Jumlah post-it yang dibagikan bisa berbeda antar peserta, tergantung jumlah permasalahan yang dihadapi selama 2 bulan. Kemudian melakukan kategori masalah: 

1. Relasi guru dengan siswa 

2. Relasi guru dengan pihak sekolah (rekan guru, kepala sekolah, atau staf sekolah) 

3. Mengajar dengan cara yang menarik

Selanjutnya PP membagi CGP dalam 3 kelompok untuk mencari solusi dari permasalahan yang telah dituliskan dan dikategorikan.

Refleksi Manfaat Komunitas Praktisi menggunakan alur 4P, yakni Apa kegiatan yang baru kita lakukan? (identifikasi masalah dan solusi), Apa saja tahapan dalam kegiatan tadi?, Apa saja permasalahan yang muncul?, Apa saja solusinya? 

Setelah CGP melakukan refleksi dilanjutkan penjelasan Sekilas Materi Filosofi Komunitas Praktisi. Aktivitas pada sesi ini berjalan sesuai rencana semua peserta terlibat di sesi ini dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana.


4 ISTIRAHAT (60 Menit)


5 KOMUNITAS PRAKTISI SEKELILINGKU (60 Menit)

TUJUAN SESI 

  • Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi komunitas praktisi di lingkungannya 
  • Calon Guru Penggerak dapat memetakan komunitas praktisi, sesuai dengan area kontrol dan manfaat untuk dirinya

Sesi ini dimulai dengan menyapa dan memberi semangat kepada peserta, kemudian dilanjutkan dengan Energizer berupa kegiatan suit perkalian.  Setelah peserta kembali rileks dilanjutkan kegiatan Mengidentifikasi Komunitas Praktisi yang ada dengan melakukan diskusi dalam 3 kelompok, kemudian mengisi lembar kegiatan yang dibagikan yakni Mengidentifikasi Komunitas Praktisi yang ada, mulai dari nama komunitas praktisi, PIC, target peserta, tujuan kegiatan, aktivitas apa saja yang dilakukan, frekuensi kegiatan. Setelah itu, menganalisa apa peran CGP di dalam kegiatan tersebut, manfaat yang dirasakan, serta seberapa besar kontrol CGP di komunitas tersebut.  Apakah CGP bisa memberikan pengaruh atau mengontrol atau area kontrol hanya kecil karena hanya bisa terlibat sebagai peserta.  Setelah selesai peserta melakukan diskusi berpasangan dengan 1 atau 2 anggota di dalam kelompoknya. Tiap orang menceritakan secara sekilas hasil yang dituliskan di lembar identifikasi komunitas praktisi, pasangannya dapat menambahkan komunitas praktisi atau memberikan saran terhadap komunitas praktisi yang sudah dituliskan.


Menganalisa pemetaan Komunitas Praktisi 

Setelah mengidentifikasi komunitas praktisi yang ada di lingkungannya, selanjutnya meminta peserta untuk memetakan komunitas praktisi dan menulisnya ke dalam matrix komunitas praktisi berupa meletakkan titik pada Sumbu X menandakan seberapa besar kontrol CGP di Komunitas Praktisi tersebut, semakin besar maka posisi komunitas praktisi tersebut semakin kekanan. Sumbu Y menandakan seberapa besar manfaat yang CGP bisa dapatkan di Komunitas Praktisi tersebut, semakin besar maka posisi komunitas praktisi tersebut semakin keatas. agar CGP memahami posisi/peran dan manfaat komunitas 

Aktivitas pada sesi ini berjalan sesuai rencana semua peserta terlibat di sesi ini dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana 


6 PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI (60 Menit)

TUJUAN SESI 

●Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peranan Guru Penggerak dalam menggerakan Komunitas Praktisi 

●Calon Guru Penggerak dapat menganalisa perannya dalam memaksimalkan komunitas praktis yang ada di lingkungannya

Pada sesi ini, dibagi dalam 2 kegiatan yakni:

  1. Memahami Peran Guru Penggerak Dalam Membuat Komunitas Praktisi 
  2. Menganalisis peran dalam memaksimalkan Komunitas Praktisi

Pada kegiatan Memahami Peran Guru Penggerak Dalam Membuat Komunitas Praktisi diperlihatkan diagram pada slide presentasi peran guru penggerak 

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

Selanjutnya dilakukan pembagian peserta kedalam 3 kelompok dilanjutkan diskusi kelompok dengan pembagian tugas diskusi sebagai berikut:

1. Tugas peserta di kelompok 1 mempelajari peran 1 dan peran 2:  

Menganalisis kebutuhan belajar anggota 

Memfasilitasi rencana kegiatan belajar berdasarkan hasil analisis kebutuhan

2. Tugas peserta di kelompok 2 mempelajari peran 3 dan peran 4: 

Mencari narasumber yang relevan terkait kebutuhan belajar 

Menyelenggarakan kegiatan belajar di komunitas 

3. Tugas peserta di kelompok 3 mempelajari peran 5, peran 6, dan peran 7  

Mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan 

Mendampingi rekan sejawat dalam mempraktikkan hasil belajar di komunitas 

Memfasilitasi evaluasi dan refleksi pembelajaran dan penerapan kegiatan


Setelah masing kelompok melakukan diskusi tentang 7 peran guru penggerak selanjutnya kelompok ahli ini dibagi kembali menjadi kelompok baru dengan cara masing-masing anggota kelompok berhitung untuk membuat kelompok baru sehingga kelompok baru yang terbentuk tersebut memiliki anggota yang telah mempelajari ke-7 peran Guru Penggerak.  Selanjutnya dipersilahkan anggota kelompok baru tersebut untuk berdiskusi tentang apa yang yang telah dipelajari dari kelompok asal dengan cara masing-masing anggota kelompok menceritakan apa yang telah dipelajari dari kelompok asal.

Pengajar praktik mengunjungi kelompok-kelompok. Pengajar praktik dapat memperjelas peran yang sedang dipresentasikan oleh seorang peserta di kelompoknya. Memastikan pengajar praktik hanya memperjelas dan tidak mengambil waktu terlalu banyak untuk menjelaskan materi di kelompok. Biarkan peserta yang menjelaskan, jika ada materi yang salah dan kurang, silakan pemandu membantu untuk membenarkan materi tersebut.

Kegiatan Menganalisis peran dalam memaksimalkan Komunitas Praktisi, adalah kelanjutan dari kegiatan mengenali peran-peran dari guru penggerak. Pada kegiatan ini CGP menganalisa peran diri masing-masing terhadap komunitas praktisi yang sudah diidentifikasi dan memetakan.

Hal yang perlu dituliskan yaitu: 

  1. Komunitas praktisi, dituliskan urut berdasarkan yang paling memiliki manfaat dan area kontrol CGP cukup besar 
  2. Peran yang bisa CGP lakukan di dalam komunitas tersebut 
  3. Hal yang perlu ditingkatkan dari diri CGP secara umum untuk menjalankan perannya dengan baik

Untuk jalannya kegiatan ini dibagikan lembar peran diri dalam menggerakkan komunitas. membagikan alat tulis kepada peserta yang tidak membawa alat tulis. Selanjutnya mempersilahkan peserta untuk melakukan pengisian lembar peran diri dalam menggerakkan komunitas praktisi. Setelah semua peserta melakukan identifikasi selanjutnya meminta beberapa peserta untuk menceritakan komunitas, peran yang dilakukan, serta hal yang perlu ditingkatkan. Memberikan penghargaan kepada peserta yang telah menyampaikan hasil karyanya. Aktivitas pada sesi ini berjalan sesuai rencana semua peserta terlibat di sesi ini dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana.


7 MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI (30 Menit)

TUJUAN SESI 

● Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan tahapan menggerakkan komunitas praktisi


Wisata Belajar 

Pada kegiatan ini ditempelkan poster pada tiga pos tahapan menggerakkan komunitas belajar di sudut ruangan, 


Kemudian mengajak peserta untuk belajar tahapan menggerakkan komunitas belajar dengan cara berkeliling ruangan.

Pada tiap pos oleh pengajar praktik menceritakan tentang materi tahapan tersebut.  Dan setelah pos terakhir selanjutnya meminta peserta untuk kembali ke tempat masing-masing.


Melihat Potensi Komunitas Praktisi Baru

Pada kegiatan ini meminta peserta untuk lebih peka melihat potensi komunitas praktisi baru di lingkungannya. Menjelaskan tugas dari lokakarya ini adalah melihat apakah ada potensi komunitas praktisi baru di lingkungan CGP.  Tugas ini akan dibahas di pendampingan individu dua. Aktivitas pada sesi ini berjalan sesuai rencana semua peserta terlibat di sesi ini dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana 


8 PENUTUPAN (30 Menit)

TUJUAN SESI 

  • Calon Guru Penggerak dapat mengingat kembali materi yang diajarkan 
  • Calon Guru Penggerak dapat mengevaluasi hasil belajar dan kegiatan lokakarya yang berlangsung 
  • Calon Guru Penggerak dapat mengetahui tugas yang perlu dilakukan untuk lokakarya selanjutnya

Benang Merah Materi 

Pada kegiatan ini mengajak peserta mengingat kembali materi yang telah dipelajari selama lokakarya pertama ini. Dengan semangat, memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik untuk peserta mengingat materi. Menanyakan kepada peserta: 

  1. Apa pentingnya kita perlu komunitas praktisi? 
  2. Apa artinya komunitas praktisi? 
  3. Apa saja peranan kita sebagai guru penggerak di komunitas praktisi? 
  4. Apa saja tahapan dalam menggerakkan komunitas praktisi?

Memberitahukan kepada peserta bahwa kegiatan lokakarya ini serta sharing yang dilakukan di grup facebook, grup whatsapp, juga merupakan komunitas praktisi.  Selanjutnya memberi apresiasi kepada peserta karena telah mempelajari materi di lokakarya pertama ini.


Refleksi Hasil Belajar  

Kegiatan ini mengajak peserta untuk melakukan refleksi dengan memberi stimulus berupa pepatah: “guru terbaik adalah pengalaman”, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman jika pengalaman tersebut tidak dimaknai. Selanjutnya mempersilahkan CGP berdiri kemudian memikirkan 1 kalimat untuk menjelaskan hal yang telah CGP pelajari hari ini. Setelah memberi waktu kepada CGP menyusun kalimat tentang apa yang dipelajari hari ini, selanjutnya PP memulai dengan mengucapkan apa yang dipelajari hari ini kemudian dilanjutkan oleh peserta dan seterusnya hingga seluruh peserta mengucapkan 1 kalimat yang menjelaskan hal yang telah CGP pelajari hari ini  

PP menutup kegiatan dengan memberi motivasi kepada peserta (CGP) dan ucapan penutup kegiatan Lokakarya 1 Bila kita ingin pergi cepat pergilah sendiri, bila kita ingin pergi jauh pergilah bersama. Aktivitas pada sesi ini berjalan sesuai rencana semua peserta terlibat di sesi ini dan mengikuti alur kegiatan sesuai rencana 


Penutupan dan Foto Bersama


DOKUMENTASI


1 PEMBUKAAN 

2 KEPEMIMPINAN DALAM DIRI 

3 DISKUSI KOMUNITAS PRAKTISI

4 ISTIRAHAT


5 KOMUNITAS PRAKTISI SEKELILINGKU 

6 PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI 

7 MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI 

8 PENUTUPAN 

DAFTAR HADIRI


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama